Home » » Cara Membuat Efek Fokus Photoshop

Cara Membuat Efek Fokus Photoshop

Written By Unknown on Selasa, 19 November 2013 | 23.26


Pada tutorial ini akan dijelaskan cara membuat efek fokus menggunakan Photoshop. Efek ini kadang disebut juga dengan nama efek foto “Dreamy”, karena memiliki pencahayaan terang dan warna kulit yang lembut. Efek pencahayaan terang akan dibuat menggunakan adjustment layer brightness/contrast. Sedangkan untuk efek blur akan kita gunakan filter gaussian blur. Jika ingin memperkuat warna, bisa digunakan adjustment layer Hue/Saturation. Agar hasil manipulasi foto bisa kita edit dengan mudah, layer akan kita konversi terlebih dahulu menjadi smart object. Dalam membuat efek fokus Photoshop ini, sebaiknya pilih foto dengan wajah menghadap dekat ke lensa atau close-up. Mari kita mulai:
1. Buka Foto.
Setelah membuka aplikasi Photoshop, pilih menu File>Open atau dengan menekan tombol pada keyboardCtrl+O. Akan muncul kotak dialog Open. Pilih foto anda kemudian klik tombol Open. Pada layer panel secara default akan terbentuk layer dengan nama Background.
Buka Foto
Gambar: Buka Foto.
2. Gandakan Layer.
Tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer Background. Akan terbentuk layer duplikat dengan nama Layer 1. Ini berguna agar foto asli kita tetap utuh. Jika suatu saat kita tidak puas dan ingin mengulang proses dari awal, kita tinggal menggandakan kembali layer Background.
Gandakan Layer
Gambar: Gandakan Layer.
3. Konversi Ke Smart Object.
Konversi Layer 1 menjadi Smart Object agar mudah mengedit hasil manipulasi kita nantinya. Klik pada Layer 1 untuk memastikannya sebagai layer yang aktif. Kemudian pilih menu Filter>Convert for Smart Filters. Klik tombol OK pada saat muncul kotak dialog yang menyatakan Layer 1 akan dikonversi menjadi Smart Object.
Konversi ke smart object
Gambar: Konversi ke Smart Object.
4. Ubah Blend Mode Ke Screen.
Pada Layer panel, ubah blend mode Layer 1 ke Screen. Foto akan terlihat lebih terang dari foto aslinya. Tidak perlu takut, kita akan mengaturnya nanti menggunakan adjustment layer brightness/contrast.
Blend Mode Screen
Gambar: Ubah blend mode Layer 1 ke screen.
5. Terapkan Filter Gaussian Blur.
Untuk memberikan efek foto “Dreamy”, kita akan menerapkan filter gaussian blur pada Layer 1. Pilih menuFilter>Blur>Gaussian Blur, akan muncul kotak dialog Gaussian Blur. Untuk memulai, geser slider radius ke ujung kiri (0.1 pixels), kemudian perlahan geser ke kanan untuk mendapatkan efek blur yang anda inginkan. Untuk foto contoh, saya akan memberikan nilai radius 5 pixels.
Gaussian Blur
Gambar: Filter Gaussian Blur.
6. Hapus Blur Pada Area Mata.
Agar area pada mata tidak terlalu tertutup blur, kita akan menghapusnya menggunakan Brush Tool (B). Sebuah teknik yang juga digunakan untuk membuat efek lens blur. Klik icon Brush Tool pada Tool Panel. Kemudian ubah Opacity pada option bar menjadi 50%. Atur ukuran brush menggunakan tombol kurung tutup [ untuk memperkecil dan kurung buka ] untuk memperbesar. Selanjutnya ubah warna foreground ke warna hitam dengan cara menekan tombol huruf D pada keyboard untuk mereset warna foreground/background ke default. Klik pada Mask Smart Filter untuk memastikannya aktif (dilingkari biru pada gambar). Langkah terakhir, sapukan mouse pada area mata untuk menghilangkan sedikit efek blur.
Brush Tool
Gambar: Brush Tool (B).
Option Brush Tool
Gambar: Atur opacity ke 50%.
Foreground Background
Gambar: Atur foreground color ke hitam.
Brush bagian mata
Gambar: Sapukan Brush pada bagian mata.
7. Pertajam Warna Menggunakan Hue/Saturation.
Untuk mempertajam warna pada foto kita bisa mengaturnya menggunakan Hue/Saturation. Klik icon adjustment layer yang berada di bagian bawah layer panel. Akan muncul menu. Pilih menu Hue/Saturation untuk membuat adjustment layer Hue/Saturation. Kemudian pada properties hue/saturation, isikan nilai saturation 10. Silahkan sesuaikan nilai ini sesuai efek warna yang anda inginkan.
Hue Saturation
Gambar: Buat Adjustment Layer untuk Hue/Saturation.
Terapkan Hue Saturation
Gambar: Atur Saturation.
8. Atur Brightness/Contrast.
Langkah terakhir adalah mengatur brightness dan contrast. Kembali klik icon adjustment layer yang berada di bagian bawah layer panel, kemudian pilih Brightness/Contrast. Akan terbentuk adjustment layer Brightness/Contrast. Pada panel properties saya akan mengisikan nilai brightness -10 dan contrast 20. Jangan lupa untuk menghilangkan centang pada checkbox Use Legacy.
Brightness Contrast
Gambar: Buat Adjustments Layer untuk Brightness Contrast.
Atur Bightness Contrast
Gambar: Atur Brightness Contrast.
Sampai disini selesai sudah efek soft focus kita. Berikut ini hasilnya:
efek fokus photoshop
Gambar: Efek Fokus Photoshop.
9. Simpan Project.
Simpan project dengan cara memilih menu File>Save. Ketik nama file kemudian klik tombol Save. Jangan lupa simpan project anda dalam format dokumen PSD agar kita bisa mengedit di kemudian hari. Jika ingin mengupload ke media sosial, pilih menu File>Save As dan simpan foto dalam format JPG.    
jika ada kesalahan jgn lupa berkomentar yha ,...
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. research info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger